Tuesday, April 17, 2012

ISLAM DAN KEINDAHAN

Islam Menyukai Keindahan Lahir dan Batin
Ajaran Islam menginginkan agar umatnya memiliki keindahan lahir dan batin. Keindahan lahir artinya keindahan fisik yang nampak dan selalu dilihat orang lain. Penampilan yang menarik dan memikat sehingga orang tidak jemu memandangnya, sebenarnya sudah diberikan tuntunannya dalam Islam.

Firman Allah:


surah / surat : Al-A'raf Ayat : 31
yaa banii aadama khudzuu ziinatakum 'inda kulli masjidin wakuluu waisyrabuu walaa tusrifuu innahu laa yuhibbu almusrifiina
31. Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid [534], makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan [535]. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

 Perintah untuk menggunakan pakaian yang bagus ketika pergi ke mesjid, secara tersirat bahwa pada waktu kita akan melakukan suatu perbuatan untuk mencari  diridoi Allah, hendaklah berpenampilan bagus. Bagus di sini tentu harus proporsional. Ada pakaian yang bagus untuk ke mesjid, ada yang bagus untuk ke pasar, ada yang bagus buat ke undangan, ke tempat kerja  dan sebagainya. Pada prinsipnya pakaian itu adalah menutup aurat. Kalau prinsip ini hilang maka akan hilang pula keindahannya menurut ajaran Islam. Tentu lain lagi menurut ukuran hawa nafsu.

Islam tidak melarang berhias dan memakai perhiasan, tapi jangan berlebihan. Kadar berlebihannya, tentu kita bisa mengukur dan cukup memahami.

Rosulullah pernah berabda: "Sesungguhnya Allah SWT itu Mahaindah, menykai keindahan (Riwayat Muslim) 

Yang tidak kalah penting adalah keindahan akhlak sebagai pancaran dari kebersihan hati. Dalam pergaulan dengan  sesama manusia, kita akan mendapat penilaian orang berdasarkan perilaku kita. Kejelekan tubuh kita, bisa kita tutupi dengan pakaian yang bagus, tapi kejelekan akhlak atau  budi pekerti akan langsung dilihat dan dinilai orang. Sanksinya juga akan langsung kita terima, mungkin berupa pengucilan diri kita karena orang lain tidak senang kepada perilaku kita.

Billahit taufiq wal hidayah





Perhiasan

No comments: